Saturday 25 December 2010

Liburan (dari kata dasar "libur")

Libur?

Apa itu libur?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

li·bur v bebas dr bekerja atau masuk sekolah;
-- ber·li·bur v 1 mengalami libur; 2 pergi (bersenang-senang, bersantai-santai, dsb) menghabiskan waktu libur; bervakansi: mereka merencanakan ~ ke Pulau Dewata;
me·li·bur·kan v membebaskan dr bekerja atau masuk sekolah;
li·bur·an n masa libur; vakansi


Terhitung sejak tanggal 24 Desember 2010 kemarin, saya telah memasuki masa liburan sekolah. Tapi coba saya ingat-ingat, kapan terakhir kali saya merasakan libur yang sebenarnya? Liburan kenaikan kelas kemarin? Libur Lebaran? Libur Idul Adha? Libur semester sekarang? Bila saya cocokkan pengertian libur dari sumber di atas dengan
apa yang saya lakukan pada libur-libur kemarin, bisakah disebut liburan? Liburankah
namanya kalau saya toh masih terjebak pada rutinitas yang mematikan?
Yang bahkan pada libur kali ini, saya tidak mengecap arti libur itu sendiri...

Ada yang bisa mengingatkan saya, seperti apa rasanya liburan?





No comments:

Post a Comment